Pengantar :
Gaudete et Exsultate -
Bersukacitalah dan Bergembiralah adalah Seruan Apostolik yang ketiga dari Paus
Fransiskus yang diterbitkan pada tanggal 19 Maret 2018. Dua seruan yang
mendahului adalah Evangelii Gaudium - Sukacita Injil (24 November 2013) dan
Amoris Laetitia - Sukacita Kasih (19 Maret 2016). Seruan ketiga ini segera
menyebar di antara umat, kecuali karena isinya yang mengena, kiranya juga
karena bahasanya sederhana.
Teks-teks di bawah ini merupakan terjemahan dari Naskah "Apostolic Exhortation Gaudete et Exsultate of The Holy Father Francis on The Call to Holiness in Today's World" yang dimuat di :
http://w2.vatican.va/content/francesco/en/apost_exhortations/documents/papa-francesco_esortazione-ap_20180319_gaudete-et-exsultate.html
SERUAN APOSTOLIK
GAUDETE ET EXSULTATE
(Bersukacita dan Bergembiralah)
DARI BAPA SUCI FRANSISKUS
MENGENAI PANGGILAN UNTUK MENJADI KUDUS
DALAM DUNIA SEKARANG INI
1. “Bersukacita dan bergembiralah” (Matius 5:12), Yesus mengatakan
kepada mereka yang dianiaya atau dihina demi Dia. Tuhan meminta segalanya dari
kita, dan sebagai imbalannya dia menawarkan kepada kita kehidupan sejati,
kebahagiaan yang untuk itu kita diciptakan. Dia menghendaki kita menjadi orang kudus
dan kita tidak puas dengan keberadaan yang hambar dan biasa-biasa saja.
Panggilan untuk kekudusan terdapat dalam
berbagai cara dari halaman-halaman pertama Alkitab. Kita mengetahuinya ketika diungkapkan dalam kata-kata Tuhan kepada
Abraham: “Berjalan di depan saya, dan tidak bercela” (Bdk Kej 17:1).
2. Tulisan berikut ini tidak dimaksudkan untuk menjadi sebuah risalah
tentang kekudusan, yang mengandung
definisi dan rincian yang memang membantu
untuk memahami perkara yang penting ini, atau sebuah diskusi tentang berbagai
cara untuk menjadi kudus. Tujuan saya sederhana saja, yaitu menerangkan kembali
panggilan menjadi suci dengan cara
praktis untuk jaman kita ini, dengan semua risiko, tantangan, dan
peluangnya. Karena Tuhan telah memilih kita masing-masing “supaya kita kudus
dan tak bercacat di hadapan-Nya dalam kasih” (Bdk Ef 1: 4).
BAB
SATU
PANGGILAN
MENUJU KEKUDUSAN
ORANG-ORANG KUDUS YANG MEMBERI
SEMANGAT DAN MENJADI SAHABAT KITA
3. Surat kepada orang-orang Ibrani menyajikan sejumlah kesaksian yang
mendorong kita untuk “berlomba dengan
tekun dalam perlombaan yang diwajibkan
bagi kita” (Bdk 12: 1). Itu berbicara tentang Abraham, Sarah, Musa, Gideon dan
yang lainnya (Bdk . 11: 1-12: 3). Di atas segalanya, itu mengundang kita untuk
menyadari bahwa “awan banyak saksi” (12:
1) mendorong kita untuk terus maju menuju tujuan. Saksi-saksi ini mungkin
termasuk ibu kita sendiri, nenek atau orang yang kita cintai lainnya (Bdk 2 Tim 1: 5). Hidup mereka mungkin tidak selalu
sempurna, bahkan mungkin di tengah kesalahan dan kegagalan mereka, mereka terus
bergerak maju dan terbukti menyenangkan bagi Tuhan.
4. Orang-orang kudus yang sekarang ada di hadirat Allah melestarikan
ikatan kasih dan persatuan mereka dengan kita. Kitab Wahyu membenarkan hal ini
ketika berbicara tentang perantaraan para martir: “…aku melihat di bawah mezbah
jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang
mereka miliki. Dan mereka berseru dengan
suara nyaring, katanya, 'Berapa lama lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar,
Engkau tidak menghakimi? (Bdk Why 6:9-10). Kami masing-masing dapat mengatakan: “Dikelilingi,
dipimpin dan dibimbing oleh teman-teman Tuhan ... Saya tidak harus membawa
sendiri apa, sebenarnya, saya tidak pernah dapat membawa sendirian. Semua orang
kudus Tuhan ada di sana untuk melindungi saya, untuk mendukung saya dan untuk
menggendong saya ”. [1]
5. Proses beatifikasi dan kanonisasi menghargai tanda-tanda kebajikan
heroik, pengorbanan hidup seseorang dalam kemartiran, dan kasus-kasus tertentu
di mana kehidupan selalu dikorbankan bagi orang lain, bahkan sampai mati. Itu menunjukkan sebuah contoh mengikuti jejak Kristus, yang layak dikagumi oleh orang
beriman. [2] Kita dapat berpikir, misalnya, Beata Maria Gabriella Sagheddu, yang mengorbankan hidupnya
demi persatuan umat Kristiani.
PARA
KUDUS YANG ADALAH “TETANGGA SEBELAH
KITA”
6. Kita tidak perlu berpikir tentang yang jauh-jauh, tentang mereka yang sudah dibeatifikasi dan
dikanonisasi. Roh Kudus melimpahkan kekudusan secara berlimpah di antara umat
Allah yang kudus dan setia, karena “Ia telah menyenangkan Allah untuk membuat para
lelaki dan perempuan untuk menjadi kudus
untuk menyelamatkan mereka, bukan
sebagai orang perorangan yang tidak memiliki ikatan dengan mereka, melainkan sebagai orang yang mungkin
mengakui dia dalam kebenaran dan melayaninya dalam kekudusan ”. [3] Dalam
sejarah keselamatan, Tuhan menyelamatkan sebuah bangsa. Kita tidak pernah sepenuhnya menjadi diri kita
sendiri kecuali bila kita menjadi milik sebuah bangsa. Itulah sebabnya tidak ada yang diselamatkan secara sendirian,
sebagai individu yang terisolasi.
Sebaliknya, Tuhan menarik kita ke arah Diri-Nya dengan mempertimbangkan jalinan
rumit hubungan antar pribadi yang ada dalam komunitas manusia. Tuhan ingin
masuk ke dalam kehidupan dan sejarah sebuah bangsa.
(bersambung)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar